Selasa, 06 Agustus 2019

DUA TARUNA SEMAKAPURA LOLOS SELEKSI PASKIBRA KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2019


SELEKSI PASKIBRA KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2019 DIMULAI BULAN MARET


KALIPURO - Tidak seperti tahun sebelumnya, pengumuman seleksi Paskibra Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Banyuwangi dan Provinsi Jawa Timur dilakukan bulan Februari. Surat pemberitahuan diterima beberapa hari setelah Pelatih Ketarunaan Semakapura mendapatkan surat tugas untuk melatih kembali di SMK Negeri 1 Kalipuro.
Dibantu oleh beberapa Staf Batalyon Tingkat III, hasil pengukuran tinggi badan sempat membuat pesimis. Hanya 2 Taruna yang bertinggi lebih dari 173 cm, bahkan tidak ada Taruni yang bertinggi 163 cm.



Foto 1.   Pengumuman dan Pemilihan Calon Peserta Seleksi Paskibra

Akhir bulan Februari, seleksi internal dilakukan dengan mengukur tinggi badan. Dalam surat pemberitahuan, persyaratan tinggi minimal adalah 173 cm untuk laki-laki dan 163 cm untuk perempuan.

  
Tapi sebagai tim yang memiliki daya juang dan semangat pantang menyerah, tim penyeleksi internal Semakapura yang terdiri dari Serka Mes Bambang Hermanto, Umi Lestari, S.Pd (Bahasa Inggris) dan Anita Eka Irianti, S.Pd (Wawasan Nasional dan Kedaerahan) tetap melakukan pelatihan, pembimbingan dan pemantapan. Pak Bambang selaku Pelatih Ketarunaan bertanggung jawab penuh pada penampilan fisik peserta seleksi, termasuk keterampilan dalam baris-berbaris.


Foto 2.   Pelatihan dan Simulasi Seleksi Wawancara Berbahasa Inggris -
Wawasan Nasional dan Kedaerahan

Bu Umi melatihkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, melalui wawancara terkait pengenalan diri dan pengetahuan umum. Sementara itu, Bu Anita mewawancarai seputar pengetahuan nasional, kemerdekaan, pahlawan Indonesia dan wawasan kebangsaan.

Selama satu minggu, calon peserta seleksi mendapatkan pelatihan yang secara umum disusun sedemikian rupa berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya. Kendala yang dihadapi adalah kemampuan Taruna dalam menjawab pertanyaan masih belum mantab, terutama kemampuan berbahasa Inggris. Cara berbicara, mimik wajah, cara berjalan, cara menghadap dan tata cara menjawab juga dilatihkan secara berulang-ulang, hingga dirasa calon peserta seleksi tersebut memiliki bekal untuk bersaing dengan calon peserta dari sekolah lain.


SELEKSI TAHAP I BERTEMPAT DI KANTOR KECAMATAN KALIPURO


Cuaca mendung sempat melingkupi wilayah Kalipuro pada hari Rabu, 6 Maret 2019, tepat saat Seleksi Tahap I yang dilaksanakan di Kantor Camat Kalipuro, mulai pukul 10.00 WIB.

Foto 3.   Sembilan Belas Peserta Seleksi Tahap I Di Kantor Camat Kalipuro

Tim penyeleksi kabupaten yang terdiri dari perwakilan Dispora Kabupaten Banyuwangi, Purna Paskibra Indonesia wilayah Banyuwangi, Puskesmas Klatak dan anggota Kodim Banyuwangi sebagai Koordinator Seleksi Tahap I Wilayah Kecamatan Kalipuro.


Foto 6.   Pengukuran Tinggi Badan Peserta Seleksi
Pengukuran tinggi badan menjadi tahapan pertama seleksi, para pesertapun berguguran karena tidak memenuhi kriteria tinggi minimum. Pada seleksi tahap ini, diikuti pula oleh peserta dari SMA NU Gombengsari, MA Al Qodiri VIII Kalipuro dan MA Ibrahimy Kalipuro. Setelah tahap pengukuran tinggi badan, dilanjutkan dengan tes kesehatan yang terdiri dari pengukuran tekanan darah, denyut jantung dan kesehatan mata, dilakukan oleh tim Puskemas Klatak.



 
Foto 4.   Kelima Peserta yang mewakili Kecamatan Kalipuro untuk Mengikuti Seleksi Tahap II - bersama Tim Penyeleksi
Didapatkanlah 5 peserta yang akan mewakili Kecamatan Kalipuro untuk mengikuti seleksi tahap II. Tim Penyeleksi mengucapkan terimakasih atas keikutsertaan peserta seleksi dan memberikan motivasi pada peserta yang belum memenuhi kriteria persyaratan.


SELEKSI TAHAP II DI GOR TAWANGALUN


Foto 5.   Pelatih Ketarunaan memberikan arahan 
pada 4 Taruna Peserta Seleksi Tahap II
Sabtu pagi selesai apel, 4 Taruna yang lolos mengikuti Seleksi Tahap II bersiap menuju lokasi. Tepatnya pukul 07.20 WIB, dengan berpakaian dinas lapangan meluncur didampingi beberapa Staf Batalyon Tingkat III. Setibanya di lokasi, mereka langsung diarahkan untuk menuju meja pemberkasan. Sempat panik karena ternyata mereka belum menyiapkan dokumen pemberkasan.

Pada seleksi tahap II ini meliputi keterampilan baris-berbaris, kewibawaan, kepemimpinan, tes fisik dan ketahanan serta daya juang. Diselingi dengan wawancara berbahasa Inggris serta pengetahuan nasional dan kedaerahan. Terlihat mereka mengikuti tahapan seleksi dengan penuh percaya diri dan optimisme.

 
Foto 6.      Jiwa Korsa: Taruna Angkatan VIII menjadi suporter untuk 4 Rekan Mereka

Sampai pada akhirnya pengumuman akhir menjelang pukul 18.00 WIB, panitia membacakan nomor dada yang dinyatakan menjadi anggota Paskibra Kabupaten Banyuwangi tahun 2019 yaitu nomor dada 117 atas nama Ari Fajar dan nomor dada 118 atas nama Hengky.

Jika boleh meminjam prinsip Bapak Kepala Sekolah bahwa dengan bekerja secara Keras, Cerdas, Berkualitas, Tuntas dan Ikhlas, apa yang kita dapatkan akan sesuai dengan apa yang telah kita perjuangkan. Terimakasih untuk keluarga besar SMK Negeri 1 Kalipuro, semoga dengan lolosnya 2 Taruna menjadi Paskibra Kabupaten Banyuwangi tahun 2019 ini menjadi gerbang pembuka kemajuan Semakapura. (w/a - latepost)


BRAVO SEMAKAPURA . . . .






0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Posting Komentar