Jumat, 02 Agustus 2019

LIMA TARUNA SEMAKAPURA MELATIHKAN PBB UNTUK ADIK-ADIK KELAS VII SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYAH BANYUWANGI

Pendidikan Ketarunaan Semakapura: Dulu Dilatih Sekarang Melatih

Pendidikan Ketarunaan merupakan salah satu ciri khas sekolah pelayaran. Peraturan baris-berbaris menjadi bekal dasar untuk membentuk karakter seorang Taruna yang disiplin, tangguh, mudah beradaptasi dan memiliki jiwa pemimpin.

Taruna SMK Negeri 1 Kalipuro dikenal memiliki keterampilan baris-berbaris yang mumpuni. Berbagai kegiatan non-akedemik yang diikuti Taruna Semakapura selalu menonjolkan hasil pendidikan Ketarunaan.

Proses pendidikan Ketarunaan yang diterapkan membuat harum almamater, dan cukup menarik antusiasme dari siswa-siswi di tingkat sekolah menengah pertama/sederajat. Penampilan baris-berbaris Taruna Semakapura mulai dilirik untuk menjadi pelath PBB di tingkat SMP/sederajat.
Pada awal Tahun Pembelajaran 2019/2020 ini, satu sekolah mengajukan permohonan bantuan tenaga pelatih PBB dari Taruna dan Taruni. Sekolah yang dimaksud adalah SMP Al Irsyad Al Islamiyah dengan permohonan 2 Taruna dan 2 Taruni untuk melatih PBB Siswa-siswi Kelas VII dalam rangka Pengenalan Lingkungan Sekolah.


Kegiatan Pelatihan PBB ini dilaksanakan pada Sabtu, 3 Agustus 2019 di Lapangan Blambangan Banyuwangi, mulai pukul 07.30 WIB
Pelatih Ketarunaan Semakapura, Serma Mes Bambang Hermanto, sempat memberikan instuksi kepada Taruna Juan Candra dan Brilliant Alifiansyah sesaat sebelum pelatihan PBB dimulai.

Jumlah peserta putra latihan PBB adalah 41 orang yang langsung mendapat pelatihan dari Juan Canda Wijaya (XII NKN 1), Brillian Alifiansyah H. (XII NKN 1) dan Nitis Sastra P. (XII NKN 2). Kebetulan dua nama terakhir merupakan alumnus SMP Al Irsyad Al Islamiyah tahun 2017. Dan yang membuat lebih spesial, Taruna Brillian merupakan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Banyuwangi Tahun 2018.

Juan Candra (XII NKN 1) memberikan instruksi kepada adik-adik SMP Al Irsyad Al Islamiyah

Sejumlah 53 siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyah, peserta latihan PBB mendapat pelatihan dari Taruni Putri Anggraini (XII NKN 2) dan Maretha Maghfiroh (XII NKN 2). Meskipun pada awalnya, peserta putri merasa malu-malu, namun dengan pendekatan yang tepat, mereka dapat mengikuti pelatihan PBB dengan semangat dan antusias tinggi.
Adik-adik putri Peserta Latihan PBB 

Sempat mengalami kesulitan di awal latihan ketika adik-adik yang tergolong masih kecil itu belum memiliki motivasi untuk mengikuti latihan. Namun dengan sentuhan yang selama ini dilatihakn oleh Serma Mes Bambang Hermanto selaku Pelatih Ketarunaan, Juan Candra dan kawan-kawan berhasil menanamkan dasar-dasar PBB yang mudah diterima oleh para peserta.
Taruni Putri Anggraini (XII NKN 2) memberikan instruksi kepada adik-adik Putri Peserta Latihan PBB

Latihan PBB berakhir pukul 09.30 WIB. Para Pembina memberikan ucapan terimakasih kepada Taruna dan Taruni yang telah melatih sepenuh hati.

Sebagai penutup, bahwa selama ini Juan Candra dkk selalu aktif dan hampir selalu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di sekolah. Sebuah proses pendidikan karakter yang tidak mengkhianati hasil. (w/a)

Dulu mereka dilatih, sekarang mereka melatih.

Bravo Semakapura


0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Posting Komentar