Minggu, 08 Maret 2020

SMK NEGERI 1 KALIPURO MEMBUKA JURUSAN BARU


Menangkap Peluang Pembangunan Pabrik Kereta Api di Banyuwangi


2020 - Kota Gandrung sebagai julukan Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Lokasi yang sangat strategis serta perkembangan pesat terutama di bidang pariwisata, membuat kabupaten yang dipimpin oleh Bapak Abdullah Azwar Anas ini dilirik oleh banyak para penanam modal. Hal itu tentu dapat membantu membantu mengembangkan kabupaten yang beberapa dekade lalu sangat identik dengan klenik dan mistis.

Salah satu bidang yang akan dikembangkan adalah bidang indrustri. PT Industri Kereta Api Indonesia Persero (PT INKA) telah membangun pabrik kereta api seluar 83 hektar dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2020. Pembangunan pabrik tersebut sebagai upaya dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dan menyokong permintaan kereta api dari luar negeri. Dapat dipastikan apabila nanti sudah beroperasi, akan menjadi pabrik kereta api terbesar di Indonesia.
PT INKA juga menyatakan bahwa apabila pabrik kereta api di banyuwangi ini sudah dapat beroperasi, akan mampu menyerap lebih dari 2000 orang dengan berbagai kualifikasi, tentunya yang berhubungan dengan proses produksi kereta api. PT INKA juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah menengah kejuruan yang ada di wilayah Banyuwangi.

Melihat peluang besar dari didirikannya pabrik kereta api tersebut, SMK Negeri 1 Kalipuro yang kini dipimpin oleh Drs. Cone Kustarto Arifin berusaha mendapatkan rekomendasi untuk dapat membuka kompetensi kehalian yang baru pada tahun pelajaran 2019/2020 yang lalu.

Memang sejak berdirinya, sekolah ini sangat identic dengan pelayaran kapal niaga dengan kompetensi kehalian Nautika Kapal Niaga (NKN) dan Teknika Kapal Niaga (TKN) dan telah meluluskan 6 angkatan dengan jumlah lebih dari 500 alumni, telah tersebar di seluruh wilayah nusantara yang bekerja sebagai awak kapal.

Apel Pagi: Aktivitas Wajib Taruna Semakapura Sebelum Pembelajaran Dimulai
Pada tahun pelajaran  2020/2021 ini, SMK Negeri 1 Kalipuro telah resmi menambah satu kompetensi keahlian yang baru, yaitu Teknik Pendingin dan Tata Udara. Kompetensi keahlian yang baru ini memiliki potensi besar untuk langsung dapat terjuan ke dunia kerja, khususnya untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja di pabrik kereta api bidang pendingin. Selain itu, kebutuhan teknisi air conditioning  (AC) di wilayah banyuwangi juga sangat tinggi mengingat makin banyaknya hotel, penginapan, ruko maupun rumah tangga yang menggunakan pendingin udara.

Dengan menerapkan Sistem Ketarunaan yang sama dengan dua kompetensi keahlian yang lain, Teknik Pendingin dan Tata Udara ini diharapkan dapat melahirkan tenaga handal, professional dan berkarakter. Dalam waktu dekat dan untuk menyongsong Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran (PPDB) 2020/2021, SMK Negeri 1 Kalipuro akan mengajukan rancangan kerjasama dengan PT INKA untuk menyalurkan lulusan Teknik Pendingin dan Tata Udara. Dengan harapan bahwa lulusan dari jurusan baru ini langsung siap kerja di pabrik kereta api Banyuwangi. (w/n)

0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Posting Komentar